Selasa, 03 November 2015

Merancang Strategi Pemasaran

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnF1nnlQvlU0uj05jOgc78XNAm69zS13dhCAMYcsF4DydTLIMQMih_OArlBw5t28UBctncSwszR6J0tls8WUxpBl3aj15rTSYT-EXpLf5PPxI44SV-OItfasegCxj6LemjQBp4-jv1nIM/s320/mengelola-keuangan-usaha-1-650x400.jpg
            Dalam merancang strategi pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasaran iklan atau memajang produk di etalase saja. pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, pada waktu yang tepat serta lokasi yang tepat pula.




Berikut merupakan ringkasan merancang strategi bisnis yang dikutip dari buku  Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda" 

Proses Pemasaran
·      Pengenalan Pasar:
pemasar mengetahui potensi dan kebutuhan pembeli.
·      Strategi Pemasaran
kelanjutan dari pengenalan pasar, agar barang atau jasa dapat diterima oleh pasar.
·      Bauran Pemasaran
alat yang digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih, baik produk, harga, lokasi, maupun promosi, dan usaha-usaha lain dalam penyampaian nilai.
·      Evaluasi Pemasaran
untuk melihat keberhasilan usaha-usaha pemasaran.  

Pengenalan Pasar
      Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik dan sifat suatu pasar. Hasil suatu pengenalan pasar dapat saja sangat sederhana, mungkin berupa permintaan barang atau jasa dengan syarat-syarat khusus oleh kelompok orang tertentu

Ada beberapa teknik yang akan membantu Anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu:
·    Mengelompokkan Pasar (lokasi, jenis kelompok, demografis, psikologis dan jumlah pembelian)
·    Masa Peredaran Barang atau Jasa (tahap perkenalan, pertumbuhan, kematangan dan penurunan)
   ·    Analisis: Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman

Menentukan Strategi Pemasaran
        Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk dapat membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar sasaran atau selera konsumen yang dituju.
      
      Banyak sekali strategi yang diperkenalkan dalam teori-teori pemasaran, namun secara umum strategi pemasaran yang biasa dilakukan dan dapat dipilih adalah:

Barang/Jasa
 Lama
Barang/Jasa
 Baru
         Sasaran
         Pembeli
        Lama
Menembus
 Pasar
         Pengembangan 
        Produk
      Sasaran 
     Pembeli
      Baru
Pengembangan
 Pasar
Diversifikasi




Menentukan Alat Pemasaran
         Alat pemasaran yang dimaksud adalah bauran pemasaran (marketing mix)Namun bukan hanya sekedar 4 P saja tetapi:
•          produk, harga, lokasi, dan promosi,
•          distribusi : pelayanan, dan kekuasaan (power)



Referensi :

Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)



1 komentar:

  1. trims sangat membantu trima kasih infonya ya... salam sukses

    BalasHapus