Dalam merancang strategi pemasaran
tidak hanya mengenai penjualan, pemasaran iklan atau memajang produk di etalase
saja. pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan
barang atau jasa yang tepat, pada waktu yang tepat serta lokasi yang tepat
pula.
Berikut merupakan ringkasan merancang strategi
bisnis yang dikutip dari buku " Kewirausahaan
"Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda"
Proses Pemasaran
· Pengenalan Pasar:
pemasar mengetahui potensi dan kebutuhan
pembeli.
· Strategi Pemasaran
kelanjutan dari
pengenalan pasar, agar barang atau jasa dapat diterima oleh pasar.
· Bauran Pemasaran
alat yang digunakan
dalam menjalankan strategi yang telah dipilih, baik produk, harga, lokasi,
maupun promosi, dan usaha-usaha lain dalam penyampaian nilai.
· Evaluasi Pemasaran
untuk melihat
keberhasilan usaha-usaha pemasaran.
Pengenalan
Pasar
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah,
karakteristik dan sifat suatu pasar. Hasil suatu pengenalan pasar dapat saja
sangat sederhana, mungkin berupa permintaan barang atau jasa dengan
syarat-syarat khusus oleh kelompok orang tertentu
Ada
beberapa teknik yang akan membantu Anda dalam melakukan pengenalan pasar,
yaitu:
· Mengelompokkan Pasar (lokasi, jenis kelompok,
demografis, psikologis dan jumlah pembelian)
· Masa Peredaran Barang atau Jasa (tahap perkenalan,
pertumbuhan, kematangan dan penurunan)
· Analisis: Kekuatan-Kelemahan-Peluang-Ancaman
Menentukan
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk
dapat membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan
kondisi perusahaan dan pasar sasaran atau selera konsumen yang dituju.
Banyak sekali strategi yang diperkenalkan dalam teori-teori
pemasaran, namun secara umum strategi pemasaran yang biasa dilakukan dan dapat
dipilih adalah:
Barang/Jasa
Lama
|
Barang/Jasa
Baru
|
|
Sasaran
Pembeli
Lama
|
Menembus
Pasar
|
Pengembangan
Produk
|
Sasaran
Pembeli
Baru
|
Pengembangan
Pasar
|
Diversifikasi
|
Menentukan
Alat Pemasaran
Alat pemasaran yang dimaksud adalah bauran pemasaran
(marketing mix). Namun bukan hanya sekedar 4 P saja tetapi:
• produk, : harga,
lokasi, dan promosi,
• distribusi : pelayanan,
dan kekuasaan (power)
Referensi :
Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses
Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta (Universitas Mercu
Buana)
trims sangat membantu trima kasih infonya ya... salam sukses
BalasHapus